Customer Service

0856 2425 7039 | BB.Pin 7E9686FA - 512094E4| Jl.A.Yani Kav. 416 Blok D.16 Bandung

Senin, 20 Januari 2014

Mengenal FlyBack Transformer (FBT) Lebih Dalam



Mengenal FlyBack Transformer (FBT) Lebih Dalam

Pada bahasan sebelumnya yaitu Tentang Flyback, dijelaskan secara detail gambaran umum mengenai apa itu flyback beserta fungsi dari komponen vital dari sebuah TV ataupun Monitor CRT tersebut. bagi anda yang terlewat dengan bahasan ini, silahkan cek kembali bahasan Tentang Flyback ini sebelum berlanjut ke bahasan berikutnya yaitu mengenai Mengenal Flyback Transformer (FBT) lebih dalam.

Flyback transformer Monitor dan TV mempunyai beberapa kesamaan, perbedaan yang paling jelas adalah pada capasitor internalnya. FBT Monitor mempunyai internal capasitor untuk meningkatkan hasil kualitas gambarnya. Tanpa internal capasitor tampilannya akan terlihat bengkok bengok atau cacat bentuk terutama pada bagian Kiri dan  Kanan Gambar.

Sebagian besar FBT mempunyai 10 Pin dibagian bawah transformer tersebut.

Dari Setiap Pinnya mempunyai fungsi masing masing sebagai bagian dari kesatuan Circuit.
Yang biasa kita temukan beberapa PIN pada Flyback TV dan Monitor CRT adalah ;

B+
Horizontal Collector pulse
ABL
Ground
G1
AFC
VCC
Heater
X ray Protection

B+ dan Horz Collector pulse berada pada satu Bagian kumparan yang kita sebut sebagai Bagian Primer Flyback. Bagian ini adalah yang terpenting dan mudah atau sering terjadi short circuit ketika terjadi masalah pada Jalur B+ atau Output transistor Horizontal.

Terkadang internal capasitor yang mengalami short terjadi akibat bagian Primer Flyback terbakar dibagian dalam. Satu satunya jalan untuk test atau mengukurnya memerlukan sebuah Flyback tester atau Lopt Tester. Multimeter biasa tidak dapat mencek permasalahan sedetail seperti ditas.

Selanjutnya adalah Ground, G1 dan kumparan AFC ( Automatic Frekwensi Controll ).
Bagian ini mengirim signal dari Flyback ke IC oscillator Horizontal  untuk mengunci atau mensyncronkan frekwensi dari sebuah monitor.

Jika jalur AFC ini bermasalah maka Tampilan akan berubah atau bergeser condong kearah kiri ataupun kanan. Kita tidak akan dapat / bisa meng adjust gambar sampai ke tengah (centre).
G1 berfungsi menarik electron yang dihasilkan dari chatoda CRT dan kemudian menyalurkannya kepada G2 yaitu tegangan screen..G1 normalnya adalah tegangan Negative.Jika terjadi hilangnya tegangan Negative dari G1 maka tampilan gambar akan menjadi sangat terang disertai dengan Garis garis melintang pada layar, dan terkadang Monitor pun akan meresponse menjadi Shutdown Mode.

Jika anda membutuhkan Flyback TV dengan part number tertentu, silahkan kontak kami via sms/whatsapp di No. 0856 2425 7039 atau Pin BB. 217E8F38.

Atau cek ketersediaan stock dan update harga Flyback diSini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar